VISI dan MISI

Untuk mengantisipasi lingkungan strategi yang berubah sejalan dengan era desentralisasi saat ini BKB dan PP merumuskan misi, visi dan tujuan sebagai acuan dan arah program KB dan PP kedepannya. Hal ini diperlukan dalam rangka membangun kembali sandi-sendi program yang oleh berbagai kalangan disinyalir melemah pada era desentralisasi. Melalui perumusan kembali arah kebijakan program kedepan diharapkan kinerja program dapat meningkatkan sasaran program KB dan PP, sebagaimana yang tertuang dalam RPMJD Kabupaten Enrekang 2008 – 2014.

> VISI

Sejalan dengan momen klatur Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKB-PP) Kabupaten Enrekang sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Enrekang Nomor 06 Tahun 2008 tentang Pembentukan sasaran organisasi dan tata kerja lembaga tekhnis daerah maka dituangkan visi sebagai berikut “MEWUJUDKAN KELUARGA YANG IDEAL BERKUALITAS SERTA KUALITAS HIDUP PEREMPUAN KESETARAAN DAN KEADILAN GENDER 2014”.

Visi tersebut di atas mengandung makna sebagai berikut :

2.1.1. Pembangunan Keluarga Berencana adalah suatu upaya yang dilakukan untuk menuju Keluarga yang berkualitas.

2.1.2. Keluarga Berkualitas adalah meningkatnya wujud nilai rasa kehidupan yang dinikmati sebagian besar keluarga sebagai unit terkecil yang meliputi antara lain :

- Kualitas Kesehatan

- Kualitas Pendidikan (SDM)

- Kualitas mental/jiwa dan raga

- Kualitas Pemukiman/Perumahan

- Tingkat Ekonomi/Pendapatan Keluarga

2.1.3. Meningkatkan keahlian dan kemandirian perempuan dalam rangka meningkatkan usaha pemberdayaan perempuan serta kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

2.1.4. Meningkatkan upaya Pemberdayaan Perempuan dalam mewujudkan kualitas kedudukan dan peran perempuan serta upaya kesetaraan dan keadilan gender.

> MISI

Untuk mewujudkan visi Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKB-PP) Kabupaten Enrekang tersebut di atas maka dirumuskan misi sebagai berikut :

-

Menumbuhkan serta meningkatkan kepedulian peran serta masyarakat dalam rangka pembudayaan keluarga melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

- Melakukan perencanaan keluarga secara cermat sehingga pertambahan dan pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali dapat dihindari, dan setiap keluarga dapat merencanakan kehidupan keluarganya secara cermat dan bertanggung jawab.

-  Meningkatkan upaya pemberdayaan Perempuan dalam rangka mewujudkan kesetaraan dan kradilan gender.

- Memfasilitasi penguatan kelembagaan dan pengembangan mekanisme Pengarus Utamaan Gender (PUG) pada lembaga-lembaga pemerintah maupun non pemerintah.

-  Pengelolaan kebijakan perlindungan tindak kekerasan perempuan, lanjut usia, penyandang cacat dan anak.

>  TUJUAN

- Terlaksananya program pembangunan di bidang Keluarga Berencana yaitu penurunan jumlah pertumbuhan penduduk menuju keluarga ideal, berkualitas, mandiri, sehat dan sejahtera.

- Meningkatnya kedudukan, peran dan kualitas perempuan serta terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: